Available courses

kul-online Perkuliahan Online

Penjelasan dan beberapa materi seputar perkuliahan online.

SI-MB Matematika Bisnis

Deskripsi Mata kuliah :

Mata    Kuliah ini membahas tentang penerapan konsep – konsep matematika dalam bidang bisnis dan ekonomi. Adapun materi yang ada didalam mata kuliah ini antara lain adalah Hubungan Linier dan Hubungan Non Linier beserta penerapan ekonominya, Differensial dan Integral beserta penerapan ekonominya.

Standar Kompetensi :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan dalam menganalisis permasalahan – permasalahan bisnis dan ekonomi beserta penyelesaiannya.

SI-AEB Aplikasi E Bisnis

Deskripsi Mata kuliah :

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempelajari pengetahuan tentang pola-pola e-bisnis, berbagai teknologi e-bisnis, manajemen infratruktur e-bisnis, keamanan yang diperlukan dalam aplikasi e-bisnis, berbagai kriteria dan pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mendesain solusi e-bisnis, dan metodologi pengembangan solusi e-bisnis yang berorientasi obyek.

 

Standar Kompetensi :

Mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah ini akan dapat menyusun suatu proposal rancangan aplikasi e-bisnis sebagai solusi bagi permasalahan e-bisnis yang dihadapinya dan menggunakan metodologi pengembangan berorientasi obyek dalam proses perancangannya. Rancangan yang dihasilkan akan memiliki unsur keamanan yang tepat, dan selaras dengan proses bisnis perusahaan.

SI-SIG Sistem Informasi Geografis

Deskripsi Mata kuliah :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas mengenai konsep dan aplikasi GIS berbasis desktop maupun web.

Standar Kompetensi :

Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa mampu membuat dan mengimplementasikan aplikasi GIS berbasis desktop dan web.

SI-PA Pemrograman Aplikasi

Deskripsi Mata kuliah :

Didalam mata kuliah pemrograman aplikasi ini dipelajari pengetahuan tentang Pemrograman Visual Basic beserta integrasi, teknologi dan aplikasi yang digunakan. Mata Kulian pemrograman aplikasi ini  akan membentuk suatu keahlian dalam pemrigraman serta dapat  mengembangkan aplikasi pemrograman dengan menggunakan metode tertentu. Teknologi dan pengetahuan Visual Basic yang akan dipelajari didalamnya adalah teknologi jaringan dengan konsep server side dan client side baik intranet, multi user maupun  local, terminologi komponen ActiveX Control, bahasa standar simple scripting language, pengembangan komponen agar bisa pemrograman internet DHTML (Dynamic HyperText Mark Language), OOP (Object Oriented Programming), dan Database Concept (MySql, SQL Server, Microsfot Office Access, Oracle, dan lain lain). Desain dan layout yang interaksi dengan konsep user friendly yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem.

Standar Kompetensi  :

Mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi pemrograman dengan konsep intranet, multi user, local, server sdie atau client side sistem berdasarkan tahapan pengembangan arsitektur informasi, menggunakan prinsip-prinsip desain aplikasi dan interaksi yang benar, menggunakan bahasa simple scripting language, untuk menyusun struktur halaman aplikasi yang bersifat OOP (Object Oriented Programming) dan menghasilkan laporan dengan konsep OOP (Object Oriented Programming) juga. Mahasiswa juga dapat memanage data yang berhubungan dengan database sehingga akan menghasilkan aplikasi yang user frfriendly dan interaktif untuk menghasilkan informasi yang valid sebagai pelaporan. Dengan cara demikian, ketika aplikasi diterapkan dan dipublikasi dalam media yang diakses oleh semua orang, diharapkan akan memenuhi kriteria aplikasi yang mampu menghasilkan suatu aplikasi standart untuk bersaing dengan aplikasi-aplikasi lain.