Course categories


Available courses

SI-MB Matematika Bisnis

Deskripsi Mata kuliah :

Mata    Kuliah ini membahas tentang penerapan konsep – konsep matematika dalam bidang bisnis dan ekonomi. Adapun materi yang ada didalam mata kuliah ini antara lain adalah Hubungan Linier dan Hubungan Non Linier beserta penerapan ekonominya, Differensial dan Integral beserta penerapan ekonominya.

Standar Kompetensi :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan dalam menganalisis permasalahan – permasalahan bisnis dan ekonomi beserta penyelesaiannya.

SI-AEB Aplikasi E Bisnis

Deskripsi Mata kuliah :

Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempelajari pengetahuan tentang pola-pola e-bisnis, berbagai teknologi e-bisnis, manajemen infratruktur e-bisnis, keamanan yang diperlukan dalam aplikasi e-bisnis, berbagai kriteria dan pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mendesain solusi e-bisnis, dan metodologi pengembangan solusi e-bisnis yang berorientasi obyek.

 

Standar Kompetensi :

Mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah ini akan dapat menyusun suatu proposal rancangan aplikasi e-bisnis sebagai solusi bagi permasalahan e-bisnis yang dihadapinya dan menggunakan metodologi pengembangan berorientasi obyek dalam proses perancangannya. Rancangan yang dihasilkan akan memiliki unsur keamanan yang tepat, dan selaras dengan proses bisnis perusahaan.

SI-SIG Sistem Informasi Geografis

Deskripsi Mata kuliah :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas mengenai konsep dan aplikasi GIS berbasis desktop maupun web.

Standar Kompetensi :

Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa mampu membuat dan mengimplementasikan aplikasi GIS berbasis desktop dan web.

SI-PA Pemrograman Aplikasi

Deskripsi Mata kuliah :

Didalam mata kuliah pemrograman aplikasi ini dipelajari pengetahuan tentang Pemrograman Visual Basic beserta integrasi, teknologi dan aplikasi yang digunakan. Mata Kulian pemrograman aplikasi ini  akan membentuk suatu keahlian dalam pemrigraman serta dapat  mengembangkan aplikasi pemrograman dengan menggunakan metode tertentu. Teknologi dan pengetahuan Visual Basic yang akan dipelajari didalamnya adalah teknologi jaringan dengan konsep server side dan client side baik intranet, multi user maupun  local, terminologi komponen ActiveX Control, bahasa standar simple scripting language, pengembangan komponen agar bisa pemrograman internet DHTML (Dynamic HyperText Mark Language), OOP (Object Oriented Programming), dan Database Concept (MySql, SQL Server, Microsfot Office Access, Oracle, dan lain lain). Desain dan layout yang interaksi dengan konsep user friendly yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem.

Standar Kompetensi  :

Mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi pemrograman dengan konsep intranet, multi user, local, server sdie atau client side sistem berdasarkan tahapan pengembangan arsitektur informasi, menggunakan prinsip-prinsip desain aplikasi dan interaksi yang benar, menggunakan bahasa simple scripting language, untuk menyusun struktur halaman aplikasi yang bersifat OOP (Object Oriented Programming) dan menghasilkan laporan dengan konsep OOP (Object Oriented Programming) juga. Mahasiswa juga dapat memanage data yang berhubungan dengan database sehingga akan menghasilkan aplikasi yang user frfriendly dan interaktif untuk menghasilkan informasi yang valid sebagai pelaporan. Dengan cara demikian, ketika aplikasi diterapkan dan dipublikasi dalam media yang diakses oleh semua orang, diharapkan akan memenuhi kriteria aplikasi yang mampu menghasilkan suatu aplikasi standart untuk bersaing dengan aplikasi-aplikasi lain.

 

SI-KL Kewirausahaan Lanjut

Deskripsi Mata kuliah                  :

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah kelanjutan dari kewirausahaan yang dapat memberikan mahasiswa pengetahuan dan pengalaman praktis mengenai bagaimana memulai dan membangun usaha baru, dimana mahasiswa diharapkan mampu mengelola ide kreatif mereka untuk dapat memulai usaha baru dan menggunakan kemampuan teknologi dalam menjalankannya.

Standar Kompetensi        :

Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami pola hidup sebagai seorang enterpreneur untuk memulai dan membangun usaha baru

SI-TB Teknologi Bergerak

Deskripsi Mata kuliah  :

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan konseptual dan implementatif pengembangan aplikasi mobile dan interaksinya dengan web service untuk mengembangkan aplikasi mobile skala personal dan enterprise.

Standar Kompetensi :

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep pengembangan apilkasi mobile yang dilengkapi dengan fitur penyimpanan lokal baik berbasis berkas dan basis data relasional. Serta dapat mengimplementasikan konsep yang dipelajari dalam dunia nyata. Selain itu, mahasiswa juga mampu menghubungkan aplikasi mobile yang dibangun dengan backend service dan web service lain untuk memperkaya fitur aplikasi dan memenuhi kebutuhan aplikasi mobile untuk skala enterprise.

SI-TP Teknik Peramalan

Deskripsi Mata kuliah :

Mata kuliah Peramalan atau Forecasting merupakan mata kuliah yang mengenalkan kepada mahasiswa aktivitas fungsi bisnis yang memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Peramalan merupakan dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramal, sering berdasarkan data deret waktu historis.

Standar Kompetensi :

Mahasiswa dapat melakukan proses peramalan dengan berbagai teknik dan mengukur tingkat kebenaran dari hasil peramalannya berdasarkan data-data yang dimiliki.

Deskripsi Mata kuliah                  : Mata kuliah Peramalan atau Forecasting merupakan mata kuliah yang mengenalkan kepada mahasiswa aktivitas fungsi bisnis yang memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Peramalan merupakan dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramal, sering berdasarkan data deret waktu historis.

Standar Kompetensi                   : Mahasiswa dapat melakukan proses peramalan dengan berbagai teknik dan mengukur tingkat kebenaran dari hasil peramalannya berdasarkan data-data yang dimiliki.

SI-PSSI Perencanaan Strategi Sistem Informasi

Deskripsi Mata kuliah :

Pada mata kuliah perencanaan strategi sistem informasi ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai konsep dasar perencanaan strategi sistem informasi, mengimplementasikan strategi sistem informasi, selain itu beberapa tools akan diajarkan kepada mahasiswa guna meningkatkan inovasi dalam perencanaan dan implementasi dari strategi sistem informasi. Mahasiswa akan diberikan tugas yang menantang untuk dapat mengembangkan inovasi dalam perencanaan strategi sistem informasi. Konsep perencanaan strategi sistem informasi yang akan diajarkan antara lain: Developments in the application of information technology in business; The evolving information systems strategy; Information strategy; The information technology and management infrastructure strategy; Change management strategy; Information systems plans in context: A global perspective; Approaches to information systems planning; The information systems planning process; Evaluating the outcomes of information systems plans; Measuring the information systems-business strategy relationship; Information systems-business strategy alignment; Strategies in response to the potential of electronic commerce; The strategic potential of the internet; Evaluating the impact of IT on the organization; The information technology-organizational design relationship; Information technology and organizational decision making; The information technology-organizational culture relationship; Information system and organizational learning; Information technology and customer service; Information technology and organizational performance.

Standar Kompetensi  :

Setelah mengikuti mata kuliah ini           

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar IS/IT Strategic Planning secara umum.
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar IS/IT Strategic Planning berbasis teknologi informasi.
  3. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar IT/IS Strategic Planning digabungkan dengan teknologi terkini.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan konsep IS/IT Strategic Planning ke dalam proyek nyata di lapangan dengan contoh-contoh yang akan diberikan oleh dosen.
  5. Mahasiswa mampu menganalisis situasi kasus dengan menggunakan konsep IS/IT Strategic planning yang telah diajarkan di perkuliahan.
  6. Mahasiswa akan memiliki tingkat analisis, kreativitas dan inovasi yang tajam tentang konsep IS/IT Strategic Planning.
  7. Jadwal Kegiatan Mingguan

SI-TKASI Tata Kelola dan Audit Sistem Informasi

Deskripsi Mata kuliah :

Tata kelola TI adalah struktur kebijakan atau prosedur dan kumpulan proses yang bertujuan untuk memastikan kesesuaian penerapan TI dengan dukungannya terhadap pencapaian tujuan institusi, dengan cara mengoptimalkan keuntungan dan kesempatan yang ditawarkan TI, mengendalikan penggunaan terhadap sumber daya TI dan mengelola resiko-resiko terkait TI

Standar Kompetensi :

Mahasiswa mampu membangun kerangka kerja tata kelola teknologi informasi yang selaras dengan kebutuhan perusahaan / organisasi  sehingga mampu menaikkan nilai organisasi termasuk perangkat untuk mmelakukan audit TI / SI

SI-BC Bisnis Cerdas

Deskripsi Mata kuliah :

Mata kuliah Business intelligence atau diterjemahkan menjadi Bisnis Cerdas adalah mata kuliah yang mempelajari seperangkat konsep, metode dan proses untuk meningkatkan keputusan bisnis dengan menggunakan berbagai sumber informasi dan mengaplikasikan pengalaman, asumsi untuk mengembangkan akurasi pemahaman bisins secara dinamik.

Standar Kompetensi :

Mahasiswa mampu membangun sebuah system bisnis cerdas yang dapat membantu manajer membuat keputusan bisnis dengan menggunakan berbagai sumber informasi dan mengaplikasikan pengalamannya untuk mengembangkan akurasi bisnis secara dinamik.